Cara Budidaya Bawang Bombay Di Halaman Rumah

2 min read

Budidaya Bawang Bombay – Pada dasarnya banyak orang menganggap budidaya bawang bombay sangat sulit, memang dalam budidaya memerlukan persiapan dan perawatan khusus agar bisa menghasilkan kualitas buah yang lebih baik. Sebenarnya dalam budidaya bawang bombay itu sangat mudah diterapkan yang penting kita harus melakukan perawatan yang baik.

 Pada dasarnya banyak orang menganggap budidaya bawang bombay sangat sulit Cara Budidaya Bawang Bombay Di Halaman Rumah

Bawang bombay adalah salah satu jenis bawang yang biasanya digunakan untuk bumbu dan bahan masakan. Dipasaran harga bawang bombay cukup tinggi maka dari itu jika kalian suka mengolah masakan dari bawang bombay alangkah baiknya jika menanam dirumah sendiri.

Bawang bombay itu sama seperti bawang merah dan bawang putih yang  tergolong tahan lama untuk disimpan. Jika sehabis panen bisa menyimpannya dalam waktu yang cukup lama dan tidak perlu membeli saat membutuhkannya jika kalian menanam di rumah sendiri.

Dalam budidaya bawang bombay kalian harus mengetahui bahwa syarat tumbuh yang baik ditanam di daerah pegunungan dengan suhu sekitar 18 hingga 20 derajat celsius dan juga memerlukan penyinaran sinar matahari yang lama agar hasilnya dapat maksimal. Nah, kali ini kami akan memberikan sebuah tips dan cara budidaya bawang bombay di sekitaran halaman rumah.

Persiapan Bibit

Sama seperti  jenis bibit bawang lainnya, bibit bawang bombay yang baik yaitu berasal dari umbi tanaman bawang bombay yang berkualitas. Maksudnya disni yaitu bagaimana menciptakan bibit bawang bombay yang bervarietas unggul, tidak cacat, memiliki pertumbuhan yang relatif cepat dan terbebas dari hama dan penyakit dan selanjutnya jika sudah mendapatkan bibit  umbi bawang bombay selanjutnya lakukan penyemaian.

Tempat dan Media Tanam

Dalam mempersiapkan tempat untuk menanam bawang bombay, kalian harus menyiapkan sebuah pot atau polybag, bisa juga menggunakan bekas rak telur agar lebih irit lagi, sesuaikan saja dengan bibit bawang bombay yang akan ditanam untuk di halaman rumah kalian.

Selanjutnya ketika tempat sudah disediakan persiapkan juga media tanamnya yaitu kalian membutuhkan campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1:1.

Cara Menanam

Dalam budidaya bawang bombay cara penanam harus diperhatikan, nah untuk cara menanam bawang bombay dengan menggunakan pot, polybag atau bekas rak telur dengan cara masukkan bibit bawang bombay dengan jumlah 3 umbi per pot/polybag, kemudian Beri jarak antar umbi tersebut. Jika ingin menanam dengan bekas rak telur tinggal masukkan media tanam ke dalam lubang-lubang rak telur dan masukkan bawang bombay tersebut.

Jika kalian mempunyai halaman yang luas cara menaman bawang bombay itu dengan cara buat bedengan terlebuh dahulu kemudian berikan pupuk. Selanjutnya buat lubang tanam pada bedengan dengan jarak sekitar 20 x 20 sentimeter kemudian tanam masing-masing bibit bawang bombay kedalam lubang yang sudah dibuat, sebagai catatan mungkin ini tips dalam budidaya dengan menggunakan bedengan yaitu usahakan penanam dilakukan pada sore hari agar tanaman tidak tidak layu disinari matahari. Nah, setelah ditanam kemudian siram segera bibit yang baru ditanam.

Perawatan Tanaman

Perawatan disni harus dilakukan agar menghasilkan buah yang berkualitas, nah untuk melakukan perawatan lakukan penyiraman agar menjaga suplai air bagi tanaman, jika tidak melakukan penyiraman ukuran umbi bawang bombay nantinya akan kecil. Penyiraman dilakukan secukupnya saja yang terpenting tanaman bawang bombay tidak mengalami kekeringan.

Kemudian lakukan peyiangan secara rutin, bagi yang menanam menggunakan pot/polybag dan rak telur setidaknya kalian harus meletakkannya di tempat yang ada sinar mataharinya karena bawang bombay juga memerlukan penyiangan yang cukup.

Nah, jika tanaman bawang bombay kalian mengalamai serangan hama dan penyakit penanggulangannya dengan cara memberikan pestisida dan insektisida tabur yang disesuaikan dengan jenis hama dan penyakit tanaman.

Panen Bawang Bombay

Bawang bombay dapat dipanen setelah berusia 4-5 bulan setelah tanam. Cara memanennya cukup simple dengan cara mencabut batangnya sehingga umbi bawang bombay bisa diangkat lalu bersihkan kotoran yang menempel pada umbi bawang bombay. Tips dalam memanen bawang bombay yaitu lakukan pada pagi dan sore hari agar bisa menghasilkan umbi bawang bombay yang berkualitas.

Itulah informasi tentang cara budidaya bawang bombay di halaman rumah,mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian, Selamat mencoba !

Budidaya Tanaman Jewawut

Budidaya Tanaman Jewawut – Tanaman Jewawut membutuhkan lingkungan tumbuh yang optimal untuk menghasilkan produksi yang lebih tinggi. Namun jika kondisi lingkungan yang optimal untuk...
Jaka Winarno
4 min read

Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
Jaka Winarno
1 min read

Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
Jaka Winarno
2 min read