Cara Budidaya Bunga Aster yang Cocok Untuk Pekarangan Rumah

1 min read

Cara Budidaya Bunga Aster yang Cocok Untuk Pekarangan Rumah – Budidaya bunga Aster di pekarangan sangat mudah untuk dilakukan. Karena ini merupakan skala rumah tangga, maka langkah budidaya yang dilakukan cukup simple tidak serumit budidaya untuk skala bisnis. Langkah yang perlu dilakukan diantaranya adalah

Cara Budidaya Bunga Aster yang Cocok Untuk Pekarangan Rumah Cara Budidaya Bunga Aster yang Cocok Untuk Pekarangan Rumah

Media Tanam

Media tanam yang digunakan sama seperti budidaya tanaman pada umumnya yaitu mengandung tanah, sekam, pupuk kandang dengan perbandingan yang sama 1:1:1.

Apabila tidak ingin terlalu ribet mempersiapkannya, media tanam berupa kompos atau media khusus untuk bunga dapat dibeli di toko pertanian sehingga dapat langsung dipakai.

Pembibitan Melalui Benih atau Perbanyakan Tunas

Benih bunga Aster banyak dijual di toko pertanian atau toko online. Untuk memperoleh bibit, benih disemai terlebih dahulu pada media persemaian yang terbuat dari tanah, sekam, pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.

Ketika bibit sudah tumbuh dan memiliki jumlah daun minimal 3-5 buah maka sudah dapat dipindahkan pada wadah yang lebih besar (transplanting).

Lakukan perbanyakan bibit melalui tunas. Ketika tunas bunga sudah mulai tumbuh berupa anakan, maka sudah dapat dipisahkan ke wadah lainnya agar dia tumbuh menjadi bunga Aster yang baru.

Penanaman

Bunga Aster sangat menyukai lingkungan yang luas sehingga dapat berkembang menghasilkan tunas.

Itu sebabnya pemilihan wadah tanam yang cukup besar penting untuk bunga ini. Bibit bunga yang sudah siap ditransplanting ditanam dalam wadah yang sudah mengandung tanah, pupuk kandang, sekam dengan perbandingan 1:1:1.

Tanamlah bibit dalam posisi tegak di dalam wadah supaya akarnya tidak rusak dan mudah menyebar. Untuk bibit yang baru ditanam, letakkan pada tempat yang tidak terkena matahari langsung.

Setelah tanaman terlihat sudah beradaptasi maka dapat diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari untuk proses fotosintesis.

Bibit yang sudah dipindahkan, sebaiknya menggunakan wadah yang lebih besar, jika tidak menggunakan wadah besar maka harus dipindahkan lagi karena bunga aster tidak bisa berkembang untuk menghasilkan tunas.

Pemeliharaan

Pemeliharaan yang dilakukan sangat mudah yaitu penyiangan gulma, penyiraman dan pemupukan, hanya menambahkan pupuk dari pupuk kandang atau kompos untuk memperkuat pertumbuhannya.

Boleh juga menggunakan pupuk NPK dengan dosis sekitar 5 gram atau 1 sendok makan saja per tanaman.

Pemangkasan

Bunga Aster perlu dilakukan pemangkasan pucuk agar tanaman dapat bercabang dan tumbuh rimbun. Jika tidak dilakukan pemangkasan, maka bunga aster akan terus tumbuh ke atas atau tumbuh menjalar yang menyebabkan pekarangan rumah akan terlihat tidak indah.

Keadaan ini biasa ditemukan pada bunga aster di pekarangan rumah yang memang belum dilakukan pemangkasan.

Pembungaan

Pembungaan pada bunga aster tidak tergantung dengan musim. Apabila sudah masuk ke masa fisiologisnya maka bunga aster akan berbunga.

Hanya saja perlu diperhatikan beberapa hal untuk membantu proses pembungaannya yaitu membiarkan tanaman terkena sinar matahari yang cukup karena proses pembungaan membutuhkan penyinaran yang cukup.

Apabila sudah terlihat kuncup bunga jangan sampai tanaman kekeringan, ketersediaan air dalam tanah membantu proses pembungaan agar sel tetap dalam keadaan vigor.

Mengurangi jumlah daun melalui pemangkasan agar konsentrasi nutrisi tidak habis pada pertumbuhan vegetatif saja.

Penambahan pupuk seperti Phospor (P) yang membantu proses pembungaan dan Kalium (K) yang membantu agar bunga tidak mudah rontok.

Apabila beberapa langkah di atas sudah dilakukan, maka budidaya bunga aster sangat mudah untuk diaplikasikan di pekarangan oleh siapapun untuk mendapatkan keindahan bunga di pekarangan.

Penambahan bunga di pekarangan memang perlu dilakukan agar halaman rumah lebih menarik dan indah dipandang. Selamat mencoba..

Budidaya Tanaman Jewawut

Budidaya Tanaman Jewawut – Tanaman Jewawut membutuhkan lingkungan tumbuh yang optimal untuk menghasilkan produksi yang lebih tinggi. Namun jika kondisi lingkungan yang optimal untuk...
Jaka Winarno
4 min read

Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
Jaka Winarno
1 min read

Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
Jaka Winarno
2 min read