Cara Budidaya Kelinci Australia Peluang Usaha yang Menjanjikan

3 min read

Cara Budidaya Kelinci Australia Peluang Usaha yang Menjanjikan – Sedikit untuk mengenal tentang budidaya kelinci Australia beberapa tahun yang dahulu kelinci adalah jenis kelinci yang dibudidaya yang diambil dagingnya. Karena rasa daging kelinci tersebut sangat enak dan sangat mempunyai kualitas tinggi serta memiliki kadar lemak yang sangat rendah sekali, sehingga dapat untuk dikonsumsi dengan baik.

Cara Budidaya Kelinci Australia Peluang Usaha yang Menjanjikan Cara Budidaya Kelinci Australia Peluang Usaha yang Menjanjikan

Karena bentuknya yang lucu serta mempunyai bulu yang begitu tebal pada akhirnya kelinci Australia ini sekarang banyak di budidaya untuk menjadi kelinci hias dan di kembang biakan untuk jadi peliharaan manusia saja.

Untuk budidaya ternak kelinci Australia sendiri dibilang sangat mudah dan juga suatu bisnis yang menjanjikan untuk usaha. Bagaimana tidak, untuk melakukan bisnis tersebut ternak kelinci ini tidak perlu dengan modal yang besar dan untung yang bisa didapat dua kali lipat dari modalnya.

Untuk harga kelinci terbilang sangat murah tapi jika melakukan budidaya dengan baik harga kelinci Australia ini akan semakin baik pula, kemudian untuk perawatan kelinci tersebut terbilang sangat gampang. Dari segi pakan kelinci pun terbilang mudah dicarinya dan sangat mudah untuk didapatkan.

Selain dari pakan yang sangat gampang dicarinya dan didapatnya, untuk budidaya kelinci Australia ini tidak perlu juga mempunyai tempat yang sangat luas cukup dengan membutuhkan lahan yang sederhana atau sudah bisa untuk beternak kelinci Australia tersebut.

Apalagi kelinci adalah hewan yang dapat melahirkan anak kelinci dalam jumlah yang banyak tentunya suatu yang sangat menguntungkan sekali. Berikut tahapan cara budidaya kelinci Australia yang baik dan benar agar mendapatkan keuntungan yang maksimal,

Memilih Lahan atau Lokasi yang Baik

Hal pertama dan sangat utama dalam budidaya kelinci Australia atau berternak kelinci yakni dengan memilih lokasi kandang yang baik untuk kelinci tersebut pilihlah lokasi kandang yang dekat dengan aliran sungai serta rerumputan diusahakan dengan kandang yang terjauh dari segala jenis yang membahayakan.

Untuk kandang yang ideal yaitu yang terbebas dari pencemaran lingkungan dan memiliki suhu yang baik serta terbebas dari bahaya seperti kucing, tikus dan hewan yang lainnya. Dengan membuat kadang kelinci jauh lebih baik apabila berdekatan dengan rumah anda, sehingga dengan mudah dapat untuk melakukan pengawasan dan menjaga kelinci tersebut dari hewan pengganggu.

Kadang bisa dibuat dengan sesuai keinginan anda dengan minimalis, tidak ada patokan besar kecilnya kadang. Tetapi para peternak kelinci lain bisa membuat kandang dengan ukuran panjang 90 cm, lebar 60 cm dan tinggi 60 cm.

Untuk membuat kadang sebaiknya diusahakan sebaik mungkin agar kelinci merasa nyaman didalamnya, diusahakan atau diperhatikan suhu didalam kadang juga, karena suhu yang baik berkisar 15 – 25 derajat celsius, dan buatlah kadang dengan semaksimal mungkin agar saat pergantian cuaca atau cuaca buruk terjadi kelici tetap dalam keadaan aman dan nyaman.

Cara Memilih Bibit Kelinci yang Baik

Untuk budidaya kelinci Australia selanjutnya ialah memilih bibit kelinci yang baik, untuk ternak kelinci agar cepat mendapat keuntungan harus benar-benar bisa memilih bibit yang sangat berkualitas baik yang dapat menghasilkan banyak anak kelinci dalam jumlah yang banyak, nah untuk memilih bibit yang berkualitas pastinya mempunyai beberapa cara yaitu :

Memilih bibit pilihlah dari indukan yang dapat melahirkan banyak anak. Dilihat juga puting susunya karena bibit yang baik dari indukan yang baik mempunyai 8 buah puting susu. Pilihlah bibit yang mempunyai kondisi fisik normal, tidak memiliki cacat, bulu bersih, mata bersinar dan lain-lain. Kemudian usahakan saat memilih bibit lebih dominan ke betina semakin banyak betina semakin besar keuntungan yang bisa didapat.

Untuk Pemberian Pakan

Dalam pemberian pakan untuk kelinci Australia tersebut sedikit berbeda dengan cara budidaya kelinci lokal, anda harus memberikan pakan yang mempunyai kandungan nutrisi yang lebih baik. Karena pada dasarnya kelinci Australia dibudidayakan dapat menghasilkan daging kelinci yang berkualitas.

Untuk pakan kelinci ini sendiri bisa memberikan makanan seperti sayuran, rumput, sediakan pakan tersebut dengan jumlah banyak atau tak terbatas agar kelinci yang dibudidayakan mendapat hasil yang sangat bagus dan berkembang dengan baik.

Untuk pakan yang lain seperti jenis kosentrat bisa diberikan secara bertahap, jika kelinci tersebut dalam masa pertumbuhan atau pembesaran bisa memberikan kosentrat dengan ukuran 50 gram dalam sehari. Dan untuk indukan kelinci yang sedang hamil bisa diberikan kosentrat dengan ukuran 70 gram dalam sehari. Lalu untuk indukan yang sedang menyusui diberikan kosentrat lebih banyak lagi dengan ukuran 150/200 gram dalam sehari.

Proses Kawin atau Reproduksi

Berikutnya dalam budidaya kelinci Australia yang harus untuk diketahui yakni kapan saat usia berapa kelinci mengalami masa kawin dan bisa berproduksi dam jumlah yang banyak. Kelinci Australia bisa dikawinkan sudah berumur 5 – 6 bulan, saat usia tersebut kelinci bisa berproduksi dengan baik. Waktu yang ideal saat proses pengawinan pada kelinci yaitu saat sore hari atau saat pagi hari untuk satu ekor indukan penjantan bisa kawinkan dengan 10 indukan betina.

Jika indukan kelinci sudah beranak bisa langsung kawinkan kembali saat 7-10 hari setelah beranak begitu selanjutnya sehingga hasil yang didapatkan lumayan besar namun jika anak kelinci yang dihasilkan untuk tujuan ternak pengganti atau indukan pengganti.

Sebaiknya indukan tersebut kembali dikawinkan saat sudah selesai menyapi atau tidak menyusui atau memasuki 40-45 hari setelah melahirkan. Makin banyak kelinci yang didapat semakin banyak pula keuntungan yang didapat juga, selalu perhatikan pola makan kelinci Australia anda dengan baik guna menjaga perkembangan kelinci dengan baik.

Itulah informasi tentang cara budidaya kelinci Australia yang baik dan benar agar hasil yang di dapatkan sesuai harapan serta dapat menambah keuntungan yang menjanjikan mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Budidaya Tanaman Jewawut

Budidaya Tanaman Jewawut – Tanaman Jewawut membutuhkan lingkungan tumbuh yang optimal untuk menghasilkan produksi yang lebih tinggi. Namun jika kondisi lingkungan yang optimal untuk...
Jaka Winarno
4 min read

Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
Jaka Winarno
1 min read

Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
Jaka Winarno
2 min read