Cara Budidaya Tanaman Hias Aglaonema

2 min read

Budidaya Tanaman Hias Aglaonema – Aglaonema adalah tanaman yang tergolong tanaman yang mudah sekali di budidayakan. Biasanya tanaman ini dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan dan di dalam rumah. Anda bisa menanamnya melalui anakan atau dari bibit, berikut ini adalah cara mudah untuk membudidayakan tanaman Aglaonema.

Aglaonema adalah tanaman yang tergolong tanaman yang mudah sekali di budidayakan Cara Budidaya Tanaman Hias Aglaonema

Pembibitan yang di lakukan untuk membuat anakan bibit bisa melalui bonggol, bonggol Aglaonema akan dipilih dan ambilah bonggol yang bagus untuk ditanam, cukup 3 bonggol dalam satu pot dan biasanya akan tumbuh dengan sendirinya.

Bonggol biasanya diperoleh dari anakan tanaman Aglaonema yang sudah tua atau sudah siap menjadi indukan. Jika anda ingin menanam dengan teknik lain maka cara merangsang tanaman indukan adalah solusi yang tepat, prinsipnya adalah untuk mengeluarkan tunas baru dan menghasilkan bibit yang unggul.

Cara ini termasuk cara yang efektif untuk perbanyakan, dari cara ini setidaknya akan tumbuh tunas sebanyak 2 sampai 3 tunas. Tunas yang baik dan siap di tanam biasanya di tandai dengan jumlah daun 5 sampai 7.

Bertanam Aglaonema dari hasil perbanyakan pucuk tanaman yang dewasa bisa anda lakukan dengan cara memilih tanaman Aglaonema yang baik dan tentunya sehat. Tanaman Aglaonema yang bisa di tanam memiliki 8 sampai 10 helai daun. Perawatan yang wajib anda lakukan adalah menyiram dan memberikan pupuk secukupnya agar tanaman ini tetap sehat dan terawat.

Perawatan Tanaman Hias Aglaonema

Untuk membuat tanaman Aglaonema tumbuh sumbur anda bisa memberikan pupuk pada saat penanaman berlangsung yaitu selama 2 hingga 3 minggu. Lakukan juga pemotongan pada bagian pucuk, anda bisa menggunakan alat seperti pisau atau alat pengorek.

Untuk melakukan perawatan ini anda harus menyiapkan alat tersebut dan korek media tanam untuk cek perakaran dan lihat kondisinya kuat atau tidak. Pastikan akar Aglaonema harus kuat kemudian di pilih.

Kemudian batang Aglaonema harus dipotong dan disisikan satu daun pada bonggol tanaman indukan. Hal ini harus dilakukan untuk menghasilkan tanaman Aglaonema menghasilkan dan tetap bisa berfotosintesis. Jika ini tidak dilakukan tanaman indukan Aglaonema akan mati dan tidak menghasilkan anakan.

Tips Menanam Tanaman Hias Aglaonema

Langkah pertama untuk membuat tanaman ini tetap indah, maka anda harus menanam dengan media yang bagus. Anda bisa menggunakan campuran media yaitu tanah sekam, pasir malang, humus anda, dan pakis dengan rasio 1:5:2:2.

Pada bagian bonggol yang anda potong, pastikan untuk mengolesi antiseptic pada potongan tersebut agar bisa menutupi luka pada tanaman yang satu ini. Jangan lupa untuk menyiram dan merawat terus secara teratur, pastikan mereka di tempatkan pada bagian ruangan yang teduh.

Tanaman bonggol yang anda potong, pastikan untuk mengolesi antiseptic pada potongan tersebut agar bisa menutupi luka pada tanaman yang satu ini. Tanaman ini sangat menyukai tempat yang tenduh dibandingkan dengan ditempatkan pada lokasi yang kering. Tunas yang muncul nantinya akan tumbuh biasanya satu bulan.

Pemeliharaan Aglaonema

Perawatan untuk tanaman aglaonema tidak sulit kok, anda hanya membutuhkan tempat yang kelembabanya stabil. Jika kita memberikan tempat yang baik untuk tumbuhan maka pertumbuhan mereka akan baik pula. Anda harus pintar merawat tanaman hias agar tetap indah.

Cara Mendapatkan Hasil Tanaman Aglaonema yang Memuaskan

Jika anda membuat tanaman ini untuk sekala bisnis, maka perlakuan yang diberikan sedikit berbeda dari penanaman yang biasa dilakukan oleh perumahan. Sangat cocok sekali jika anda memiliki perkebunan dan mulai melakukan bisnis tanaman hias ini. Mungkin perawatan sangat mirip namun perbedaannya terletak pada link untuk penjualnya (konsumen) dan pengeluaran yang ditekan.

Anda harus bisa memilih indukan yang bagus dan yang terpenting adalah pemilihan anakan yang akan dijadikan bibit nantinya. Untuk cara memilih akar yang kokoh dan yang bagus anda harus memilih yang berwarna putih, gemuk, dan tidak busuk.

Itulah informasi tentang cara budidaya tanaman hias Aglaonema mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
Jaka Winarno
1 min read

Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
Jaka Winarno
2 min read

Lingkungan Usaha Budidaya Lele

Lingkungan Usaha Budidaya Lele – Lingkungan usaha merupakan segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas usaha suatu lembaga atau organisasi. Lingkungan yang dapat mempengaruhi aktivitas usaha...
Jaka Winarno
1 min read