Cara Budidaya Tanaman Hias Bonsai

1 min read

Budidaya Tanaman Bonsai – Bonsai ialah seni membuat ataupun menghias tumbuhan supaya jauh lebih menarik, sehingga mempunyai nilai jual besar. Bentuknya yang unik, membuat bonsai banyak dicari oleh pecinta tumbuhan hias. Nyaris seluruh jenis tumbuhan dapat digunakan buat budidaya tanaman hias bonsai, terlebih yang mempunyai identitas semacam berdaun rimbun, tidak mudah gugur, tahan di cuaca panas, dan berusia panjang.

Bonsai ialah seni membuat ataupun menghias tumbuhan supaya jauh lebih menarik Cara Budidaya Tanaman Hias Bonsai
Untuk kalian yang mau mengawali bisnis budidaya ini, tetapi masih bingung akan jenis tanaman apa yang sesuai, berikut opsi jenis tanaman yang biasa digunakan buat budidaya tanaman hias bonsai yaitu Bonsai Cemara, Bonsai Beringin, Bonsai Bougenville serta masih banyak lagi jenis bonzai lainnya.

Nah, bagi kalian ingin melakukan budidaya tanaman hias bonsai untuk dijadikan peluang bisnis, berikut kami akan memberikan informasi tentang beberapa tips sukses cara budidaya tanaman bonsai yang bisa kalian ikuti.

Memilih Bibit

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan untuk memulai bisnis budidaya tanaman hias bonsai adalah pemilihan bibit berkualitas. Karena bibit yang nantinya menjadi penentu keberhasilan budidaya yang dilakukan.

Bibit yang dipilih setidaknya memenuhi beberapa syarat, diantaranya adalah daun berwarna hijau sehat dan tidak terserang hama penyakit, memiliki akar lateral, serta berasal dari proses cangkokan atau stek. Jika tidak ingin repot pergi ke toko tanaman, kamu bisa membeli bibit tanaman hias bonsai melalui internet.

Media Tanam Budidaya Tanaman Hias Bonsai

Biasanya pada budidaya tanaman hias bonsai, pohon bonsai akan ditanam pada sebuah pot yang dasarnya sudah diberi kerikil kecil, tanah kasar atau pasir. Selanjutnya, pemberian media tanam seperti tanah, humus dan pupuk organik. Tanah yang biasa digunakan ialah tanah gunung yang berwarna hitam atau coklat, tanah merah atau tanah kebun, karena jenis tanah tersebut dapat menyimpan air dengan baik untuk pertumbuhan bonsai yang menjadi penentu keberhasilan usaha budidaya ini.

Pemangkasan dan Bentuk Seindah Mungkin

Dalam budidaya tanaman hias bonsai, hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah cara memangkas dan membentuk bonsai agar nantinya sesuai dengan keinginan. Pemangkasan bisa dilakukan dengan posisi arah menyamping pada bagian pangkal percabangan terlebih dahulu, guna menghindari terjadinya kekeringan pada tanaman.

Setelah itu, barulah kamu bisa menerapkan teknik pengawatan. Dalam melakukan teknik pengawatan kalian tidak bisa melakukannya dengan asal-asalan karena akan beresiko merusak nilai estetika pada tanaman bonsai. Selain itu, dalam melakukan teknik ini juga dinilai cukup sulit sehingga kalian harus mencari referensi yang baik tentang proses pengawatan pada tanaman bonsai.

Dalam melakukan proses pengawatan kalian bisa melakukan dengan membentuk beberapa bagian pohon, seperti batang dan ranting yang sesuai selera. Namun, ada pula jenis tanaman bonsai yang dianggap tidak terlalu sulit untuk dibentuk karena memiliki bentuk alami yang indah dan sering dijadikan media belajar para pemula. Jenis bonsai tersebut adalah bonsai beringin dan bonsai kamboja.

Perawatan Pohon Bonsai

Pohon bonsai adalah tumbuhan yang ditanam pada wadah, berbeda dengan jenis tanaman lain yang ada dihutan, bonsai jelas membutuhkan perawatan yang khusus. Pemangkasan harus rutin dilakukan agar cabang dan dahan tidak tumbuh terlalu lebat. Cabang dan dahan yang tumbuh terlalu lebat jelas akan mengurangi nilai estetika dari keseluruhan pohon bonsai tersebut.

Kalian juga harus melakukan penyiraman, tetapi dalam penyiraman kalian sesuaikan dengan spesies dan kebutuhan pohon bonsai itu sendiri. Jangan lupa untuk memberi pupuk dalam kurun waktu tiga kali selama setahun, jika kalian melakukan perawatan yang baik dan benar maka keberhasilan pada usaha budidaya tanaman hias bonsai yang kalian kembangkan akan meningkat.

Itulah tips didalam budidaya tanaman bonsai yang menguntungkan, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Budidaya Tanaman Jewawut

Budidaya Tanaman Jewawut – Tanaman Jewawut membutuhkan lingkungan tumbuh yang optimal untuk menghasilkan produksi yang lebih tinggi. Namun jika kondisi lingkungan yang optimal untuk...
Jaka Winarno
4 min read

Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
Jaka Winarno
1 min read

Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
Jaka Winarno
2 min read