Cara Menanam Bunga Asoka

1 min read

Menanam Bunga Asoka – Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa kita temui untuk mempercantik halaman rumah salah satunya adalah bunga asoka. Bunga Asoka merupakan tanaman hias yang lumayan populer di Indonesia khususnya di kalangan pecinta tanaman hias di halaman rumah. Untuk itu kami akan memberikan informasi tentang cara menanam bunga asoka serta cara merawatnya agar cepat tumbuh dan cepat berbunga dengan indah. 
Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa kita temui untuk mempercantik halaman rumah Cara Menanam Bunga Asoka

Pembibitan Bunga Asoka

Bibit bunga asoka dapat diperoleh dengan cara vegetatif. Ambillah bagian batang pohon asoka dan kemudian kalian memilih rampalan dengan panjang sekitar sekitar 15 cm, setelah selesai memilih rampalan yang baik lalu tancapkan rampalan tersebut pada media semai yang dibuat pada tempat lembab dan teduh, tujuannya yaitu agar batang cepat mengeluarkan akar dan tumbuh tunas baru.

Penanaman Bunga Asoka

Setelah bibit mengeluarkan akar,selanjutnya lakukan penanaman. Namun sebelum melakukan penanaman siapkan dahulu media tanamnya. Media tanam tersebut dapat dibuat dari campuran tanah dengan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Setelah media tanah siap selanjutnya masukkan dalam pot atau polybag tanam. 
Selanjutnya buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 5-10 cm dan tanam bibit tersebut dengan posisi tegak lalu tutup kembali dengan tanah disekitar bibit sembari diratakan dan dipadatkan. Penanaman ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari saat matahari tidak begitu terik.

Perawatan Bunga Asoka

Pada awal pertumbuhan kalian dapat melakukan penyiraman setiap pagi. Jika tanaman kalian sudah tumbuh bunganya, kalian dapat melakukan pemberian pupuk setiap satu bulan sekali untuk menjaga ketersedian unsur hara dalam media tanam.
Kalian juga harus melakukan perawatan pada bunga dengan mencabut gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada disekitar tanaman bunga agar zat hara yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bunga tidak berebut dengan tanaman pengganggu. 
Kalian juga harus melakukan perempelan pada bagian batang yang mengalami kekeringan karena batang yang kering dapat menghambat pertumbuhan tanaman dan juga membuat tanaman kurang sedap dipandang.
Itulah informasi tentang cara menanam bunga asoka dengan baik, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Budidaya Tanaman Jewawut

Budidaya Tanaman Jewawut – Tanaman Jewawut membutuhkan lingkungan tumbuh yang optimal untuk menghasilkan produksi yang lebih tinggi. Namun jika kondisi lingkungan yang optimal untuk...
Jaka Winarno
4 min read

Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
Jaka Winarno
1 min read

Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
Jaka Winarno
2 min read