Cara Menanam Cabe Dengan Mudah Di Halaman Rumah

2 min read

Cara Menanam Cabe Di Halaman Rumah – Cabe merupakan salah satu bumbu dapur yang paling sering digunakan untuk mengolah suatu masakan dan tidak cuma untuk memasak, cabe pula kerap digunakan buat tambahan cemilan yaitu gorengan ataupun dijadikan sambal. Di Indonesia nyaris seluruh olahan masakan bahannya terbuat dari cabe, seperti pada masakan khas padang yang bercita rasa pedas, kayak rendang, bermacam sambal ada pula rica-rica, dan masih banyak lagi makanan khas indonesia yang terbuat dai cabe.

Cabe merupakan salah satu bumbu dapur yang paling sering digunakan untuk mengolah suatu ma Cara Menanam Cabe Dengan Mudah Di Halaman Rumah
Namun cabe sering terkendala dengan harganya naik turun dan terkadang sering meroket. Bayangkan saja jika harga cabe sekitaran ribuan atau ratusan per kg, maka banyak orang yang memilih untuk tidak menggunakan cabe dalam makanannya.

Alternatif untuk menghindari harga cabe yang melambung tinggi adalah dengan menanam cabe di rumah, kalian bisa menanam sendiri di pekarangan halaman rumah maupun di pot, apalagi untuk menanam cabe sangat mudah dan juga tidak mengenal musim.

Nah, bagi kalian yang menyukai cabe sebagai olahan masakan dan ingin menanamnya di halaman rumah, berikut kami memberikan informasi tentang cara menanam cabe dengan mudah di halaman rumah.

Memilih Benih

Untuk menanam cabe di halaman rumah pertama kalian harus memilihbenih yang akan kalian tanam, untuk skala rumah tangga kalian bisa menggunakan bibit cabe dari dapur atau membeli cabe yang sudah tua di pasar. Ciri-cirinya pada cabe rawit kulitnya berwarna merah menyala, kalian bisa memilih cabe yang terlihat segar dan tidak keriput, serta tangkainya berwarna hijau segar. Untuk cara lain kalian bisa membeli bibit cabe di toko pertanian.

Cara Menyemai Benih Cabe

Jika kalian sudah memilih cabe yang akan kalian tanam di halaman rumah, kemudian kalian belah cabe dan ambil bijinya, lalu cuci biji hingga lendirnya hilang. Setelah selesai kalian lakukan seleksi benih dengan cara merendam biji cabe ke air. Biji yang mengapung merupakan biji yang kurang sehat, pisahkan atau buang, kalian ambil biji yang tenggelam, jemur hingga kering.

Kalian tinggal menyiapkan media semai jika biji cabe sudah kering, untuk media semai kalian bisa lakukan dengan perbandingan dari campuran tanah dan pupuk kandang. Campur rata kemudian diamkan dalam waktu 3-7 hari di tempat sejuk. Setelah seminggu rendam biji cabe pada air hangat lalu diamkan selama tiga jam. Pastikan saat merendam biji juga ditambah dengan ZPT untuk merangsang proses perkecambahan.

Masukkan media tanah pada polybag lalu basahi dengan air, setelah itu masukkan satu benih cabe untuk satu polybag ukuran kecil. Buat lubang sedalam 1-15 cm, kemudian kalian taruh polybag di tempat yang teduh dengan penyiraman setiap 1-2 kali per hari. Benih akan berkecambah dalam waktu sekitar satu minggu. Lakukan perawatan ini hingga bibit cabe berumur 5-6 minggu atau helai daun pada bibit cabe sudah muncul 6-8 helai.

Cara Menaman Bibit Cabe

Setelah bibit cabe kalian sudah berkecambah, kalian bisa pindahkan bibit cabe yang berkecambah di tempat yang terkena sinar matahari pagi, ini bertujuan agar secara bertahap tanaman cabe bisa tumbuh dengan sehat dengan kondisi tumbuhan tidak lemas dan pucat serta daun bisa lebih kokoh.

Untuk memindahkan bibit cabe kalian bisa menggunakan pot yang idealnya berdiamer 30 cm. Kalian juga bisa menggunakan barang-barang bekas seperti dari kaleng cat, jerigen maupun ember kecil yang tak terpakai. Kemudian kalian bisa siapkan medai tanam yaitu dengan campuran tanah, pupuk kandang dan juga sekam dengan perbandingan 3:2:1. Pembuatan media tanam ini bisa kamu siapkan seminggu sebelum bibit dipindahkan agar kandungan dari tiga campuran bahan itu berproses secara kimia.

Sebaiknya pemindahan bibit dilakukan pada pagi hari atau sore hari untuk menghindari tanaman stres, kemudian siram tanaman dengan dengan pelan agar tanah tidak memadat dan jangan lupa taruh di tempat terbuka yang terkena sinar matahari pagi.

Cara Perawatan

Untuk cara perawatan tanaman cabe kalian tinggal menyiram secara rutin setiap harinya agar tanaman cabe bisa tumbuh secara cepat dan sempurna. Pastikan tanaman cabe yang mulai tumbuh tidak kekurangan nutrisi. Kalian juga harus melihat kondisi tanaman apakah ada tanaman lain yang tumbuh dan menganggu perkembangan cabe seperti gulma, jika ada kalian lakukan perawatan dengan mencabut gulma tersebut agar tanaman tumbuh dengan baik.

Kalian juga harus melakukan penyiraman dengan rendaman pupuk kandang agar tanaman cepat berbuah, lakukan sekitar tiga kali seminggu. Ketika tanaman cabe mulai tumbuh besar berilah penopang dengan menggunakan bambu kecil agar pohon bisa berdiri kokoh dan tidak patah. Nah, ketika cabe telah tumbuh sempurna kalian bisa melakukan panen.

Itulah informasi tentang cara menanam cabe dengan mudah di halaman rumah, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Budidaya Tanaman Jewawut

Budidaya Tanaman Jewawut – Tanaman Jewawut membutuhkan lingkungan tumbuh yang optimal untuk menghasilkan produksi yang lebih tinggi. Namun jika kondisi lingkungan yang optimal untuk...
Jaka Winarno
4 min read

Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
Jaka Winarno
1 min read

Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
Jaka Winarno
2 min read