Cara Menyilangkan Bunga Mawar Menjadi Warna Bunga yang Berbeda

1 min read

Cara Menyilangkan Bunga Mawar Menjadi Warna Bunga yang Berbeda – Bunga mawar merupakan bunga yang sangat populer untuk dijadikan tanaman hias di halaman rumah karena warnanya yang indah dan harumnya yang khas.

Cara Menyilangkan Bunga Mawar Menjadi Warna Bunga yang Berbeda Cara Menyilangkan Bunga Mawar Menjadi Warna Bunga yang Berbeda

Banyak golongan pecinta bunga hias khususnya bunga mawar yang rela mengeluarkan dana untuk memperoleh bunga mawar, apalagi jenis baru yang warnanya unik dan mempunyai tampilan berbeda dari mawar yang lain.

Padahal cara kawin silang bunga mawar buat menghasilkan spesies baru bisa kita pelajari dan praktekkan dengan gampang di taman rumah sendiri.

Mari kita mengikuti penjelasan yang dilansir oleh pertanianku.com tentang cara mengawinkan silang bunga mawar yang berbeda warna. Berikut ini.

Siapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan, yaitu: gunting tanaman atau pisau, benang, dua pohon bunga mawar yang berbeda warna dan jenis, dan plastik transparan. Adapun langkah-langkahnya, yaitu:

Tentukanlah batang bunga mawar yang akan Anda kawinkan. Misalnya, Anda akan memilih bunga mawar merah dengan bunga mawar putih. Pada proses ini nantinya akan dihasilkan bunga mawar berwarna pink atau merah muda, atau variasi dengan warna yang berbeda.

Pilihlah batang bunga yang sudah cukup usia, ditandai batang telah berkayu, serta memiliki duri-duri yang besar dan menghitam atau kecokelatan.

Potonglah bagian batang bunga mawar sebagai tanaman induk yang tetap tertanam di tanah (misal). Sementara mawar putih sebagai penyambung.

Usahakan potongan batang bunga mawar tersebut dengan posisi sejajar dahan (lancip).

Belahlah batang bunga mawar merah tersebut dengan panjang kurang lebih 1,5 hingga 3 cm, tergantung dari diameter batang.

Hilangkan beberapa daun yang ada, sisakan dua atau tiga helai daun saja yang berdekatan dengan belahan batang.

Untuk batang bunga mawar putih potong dengan ujung runcing. Usahakan batang bunga mawar putih ini lebih kecil daripada batang bunga mawar merah yang telah dibelah.

Masukkan secara perlahan dan hati-hati batang bunga mawar putih ke belahan batang bunga mawar merah tadi.

Lakukan dengan hati-hati. Usahakan tidak ada kerusakan, retak atau batang yang patah.
Bungkus sambungan kedua batang tadi dengan plastik transparan. Lalu ikat menggunakan benang atau tali rafia dengan rapat.

Tujuan pembungkusan ini untuk menghindari batang bunga dari air yang berlebihan, sehingga mengalami penguapan yang terlalu banyak serta menjauhkan dari pembusukan batang.

Itulah informasi tentang cara mengawinkan silang bunga mawar yang berbeda warna, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

    Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

    Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
    Jaka Winarno
    1 min read

    Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

    Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
    Jaka Winarno
    2 min read

    Lingkungan Usaha Budidaya Lele

    Lingkungan Usaha Budidaya Lele – Lingkungan usaha merupakan segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas usaha suatu lembaga atau organisasi. Lingkungan yang dapat mempengaruhi aktivitas usaha...
    Jaka Winarno
    1 min read