Cara Mudah Budidaya Tanaman Hias Alamanda

1 min read

Cara Mudah Budidaya Tanaman Hias Alamanda – Bunga alamanda memiliki nama latin Allamanda cathartica dengan genus Allamanda, family Apocynaceae, ordo Apocynales, class Magnoliopsida, phylum Basidiomycota dan termasuk dalam kingdom Plantae.

Cara Mudah Budidaya Tanaman Hias Alamanda Cara Mudah Budidaya Tanaman Hias Alamanda

Tanaman hias alamanda merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sering dijumpai hampir setiap pekarangan ataupun di halaman rumah bagi yang menyukai tanaman hias.

Jika anda salah satu pecinta tanaman hias alamanda ada baiknya jika anda melakukan budidaya tanaman hias alamanda dengan benar dan tepat. Berikut tahapan cara mudah budidaya tanaman hias alamanda yang baik dan benar

Cara Menyambung Tanaman

Cara budidaya tanaman hias bunga alamanda yang pertama adalah dengan cara menyambung. Menyambung yang dimaksudkan disini adalah memadukan tanaman hias alamanda yang memiliki perbedaan warna dan disambung.

Contohnya, jika anda memiliki tanaman alamanda yang mempunyai warna bunga berwarna kuning maka anda sambung dengan tanaman hias bunga alamanda yang mempunyai warna orange atau warna ungu, dengan cara satu tanaman yang dijadikan tanaman pokok kemudian anda potong dan berikan tanaman alamanda yang berbeda anda sambung.

Cara Menanam Secara hidroponik

Cara budidaya tanaman hias alamanda berikutnya adalah melalui cara menanam secara hidroponik tanpa menggunakan media tanah.

Cara membudidayakan tanaman alamanda secara hidroponik bisa anda lakukan dengan menyediakan kerikil, pot bunga tanggung, pasir, gambut dan pecahan genteng.

Setelah itu, anda tinggal menaruh media pecahan genteng dalam pot bunga, kemudian berilah pasir dan tanam tanaman alamanda tersebut dengan posisi yang benar, dan berikutnya adalah berilah gambut diatas pasir dan setelah itu baru batu-batu kerikil kecil.

Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari karena tanaman alamanda ini adalah tanaman yang merambat maka baiknya berilah kayu atau kawat penyangga agar kuat.

Cara Menanam dengan akar tinggal

Selanjutnya adalah tanam dengan akar tinggal, cara inilah yang sering digunakan untuk membudidayakan tanaman alamanda dengan teknik akar tinggal.

Caranya cukup mudah yaitu adalah batang alamanda yang sudah tua pastinya akan meninggalkan akar yang terdapat pada ruas-ruas batang tanaman alamanda.

Potong batang tanaman alamanda dan tancapkan pada media tanah yang basah, siram dengan air yang pas, secukupnya dan teratur pagi dan sore.

Cara Menanam dengan biji

Cara membudidayakan tanaman alamanda adalah dengan cara menanam dengan biji. Caranya pilihlah biji alamanda yang terbaik dan bagus.

Kemudian anda tanaman atau anda tabur biji tanaman alamanda di media tanah dengan selalu menyirami biji tersebut selama 2 minggu sampai 3 minggu secara berturut-turut, lakukan pengontrolan agar cepat bertunas.

Ketika umur tunas alamanda mencapai 2 minggu alangkah baiknya anda pisahkan alamanda yang bertunas dan belum bertunas. Kemudian tanam di pot-pot kecil. Lakukan pengontrolan setiap seminggu atau sampai 2 minggu sekali.

Itulah informasi tentang cara budidaya tanaman hias alamanda yang baik dan benar mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Budidaya Tanaman Jewawut

Budidaya Tanaman Jewawut – Tanaman Jewawut membutuhkan lingkungan tumbuh yang optimal untuk menghasilkan produksi yang lebih tinggi. Namun jika kondisi lingkungan yang optimal untuk...
Jaka Winarno
4 min read

Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
Jaka Winarno
1 min read

Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
Jaka Winarno
2 min read