Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

1 min read

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia – Sudah merupakan tugas sumber daya manusia mengelola manusia seefektif mungkin agar diperoleh suatu satuan sumber daya manusia yang merasa puas dan memuaskan.

Sudah merupakan tugas sumber daya manusia mengelola manusia seefektif mungkin agar diperol Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia merupakan bagian manajemen umum yang memfokuskan dari pada sumber daya manusia. Adapun fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia, seperti halnya fungsi manajemen umum, yaitu :

1. Fungsi Manajerial

  • Perencanaan (planning)
  • Pengorganisasian (Organizing)
  • Pengarahan (Directing)
  • Pengendalian (Controlling)

2. Fungsi Operasional

  • Pengadaan tenaga kerja (SDM)
  • Pengembangan
  • Kompensasi
  • Pengintegrasian
  • Pemeliharaan
  • Pemutusan hubungan kerja

Fungsi-fungai manajemen SDM mungkin akan dijumpai ada beberapa perbedaan dalam berbagai literatur, hal ini sebagai akibat sudut pandang, akan tetapi dasar pemikirannya relatif sama. Aspek lain dari manajemen SDM adalah peranannya dalam pencapaian tujuan organisasi secara terpadu.

Manajemen SDM tidak hanya memperhatikan kepentingan organisasi, tetapi juga memperhatikan kebutuhan karyawan dan pemilik tuntunan masyarakat luas.

Peranan manajemen SDM adalah mempertemukan atau memadukan ketiga kepentingan tersebut yaitu organisasi, karyawan dan masyarakat luas, menuju tercapainya efektivitas, efisiensi, produktivitas dan kinerja organisasi.

Berbagai kegiatan dalam rangka manajemen SDM seperti dikemukakan di atas apabila telah terlaksana secara keseluruhan akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi organisasi dan SDM yang ada pada organisasi tersebut.

Pelaksanaan berbagai fungsi manajemen SDM sebenarnya bukan hanya dapat menciptakan SDM yang produktif mendukung tujuan organisasi, akan tetapi menciptakan suatu kondisi yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan potensi dan motivasi SDM dalam berkarya.

Pelaksanaan job analysis, perencanaan SDM, rekrutmen dan seleksi, penempatan dan pembinaan karir serta pendidikan pelatihan yang baik akan meningkatkan potensi SDM untuk berkarya karena telah mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan dan ditempatkan pada kedudukan yang tepat (the right man on the right place).

Sedangkan pelaksanaan fungsi-fungsi SDM lainnya seperti kompensasi, perlindungan, dan hubungan perburuhan yang baik akan dapat menimbulkan stimulus yang mendorong meningkatnya motivasi kerja SDM.

Sumber :

Tahir Malik (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis kinerja. Kretakupa Print. Makassar

Budidaya Tanaman Jewawut

Budidaya Tanaman Jewawut – Tanaman Jewawut membutuhkan lingkungan tumbuh yang optimal untuk menghasilkan produksi yang lebih tinggi. Namun jika kondisi lingkungan yang optimal untuk...
Jaka Winarno
4 min read

Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
Jaka Winarno
1 min read

Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
Jaka Winarno
2 min read