Langkah Praktis Menjadi Seorang Pemimpin Dalam Berwirausaha

1 min read

Menjadi Seorang Pemimpin Dalam Berwirausaha – Kepemimpinan sejati adalah ketika Anda bisa memberikan perintah kepada orang lain dan orang tersebut menjalankannya dengan senang hati bahkan tidak akan berhenti melakukannya sebelum anda memerintahkan mereka untuk berhenti.

Menjadi Seorang Pemimpin Dalam Berwirausaha Langkah Praktis Menjadi Seorang Pemimpin Dalam Berwirausaha

Kepemimpinan sejati bicara tentang kemampuan Anda untuk mengembangkan potensi orang lain. Kepemimpinan sejati bicara bagaimana orang-orang yang secara pengetahuan dan keahlian lebih dari Anda tetapi mau bekerja pada Anda. Kepemimpinan sejati bicara walk the talk, bekerja seperti yang Anda katakan sendiri.

Ketika berwirausaha, Anda menjadi bos untuk diri sendiri. Seringkali diartikan menjadi seenaknya untuk masuk dan keluar kantor atau bekerja kapan saja sesuai dengan kemauan kita.

Itu memang impian semua orang ketika menjadi wirausahawan, akan tetapi itu bisa terwujud kalau Anda sudah membangun sebuah sistem.

Sistem tersebut bisa dibangun kalau Anda memiliki kemampuan analisis yang tajam terhadap kelebihan dan kekurangan cara kerja usaha Anda.

Kalau Anda membangun semuanya sendirian kira-kira Anda akan butuh berapa tahun untuk bisa liburan dengan tenang? Dengan mempertajam keahlian kepemimpinan, Anda bisa mewujudkan impian-impian yang Anda bangun dalam waktu yang lebih cepat.

Kalau begitu apa yang harus Anda lakukan untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses?  Dilansir dari berempat.com, Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang bisa Anda praktikkan:

Delegasi adalah hal terpenting yang perlu Anda lakukan ketika berbicara wirausaha yang sukses. Ingatlah bahwa Anda akan perlu orang lain untuk mengembangkan usaha Anda.

Awalnya memang sulit, tetapi Anda sudah melalui hal ini sebelumnya bahkan from the tough way. Jadi biarkan mereka melakukan kesalahan, cukup beritahukan mereka agar mereka bisa memperbaiki.

Kalau Anda melakukan suatu hal yang benar, pengikut Anda akan meniru sekitar 50% dari apa yang Anda lakukan. Kalau Anda melakukan sebuah kesalahan maka pengikut Anda akan melakukan 200% dari yang Anda lakukan. Usahakan untuk selalu memberikan contoh perilaku yang baik seperti datang lebih pagi dan pulang paling akhir.

Ingatlah bahwa Anda memimpin manusia jadi selalulah rendah hati, apalagi kalau Anda memimpin orang yang dari segi apapun lebih dari Anda. Dengan merendahkan hati Anda, sebetulnya Anda sedang ‘mengambil’ keuntungan dari orang tersebut tanpa orang itu merasakan kerugian.

Memberikan yang terbaik bagi orang-orang yang bekerja untuk Anda. Saya tidak berbicara mengenai materi yang dapat Anda berikan melainkan sikap Anda terhadap mereka.

Anda tidak boleh pelit untuk memberikan pujian, jangan segan-segan menegur kalau mereka melakukan kesalahan. Rayakan kemenangan bersama-sama dengan mereka. Bersama juga merenungi kekalahan yang Anda alami. Berikan empati yang mendalam kepada setiap anggota team dalam perusahaan Anda tanpa harus menyalahi peraturan yang sudah Anda tulis sendiri.

Budidaya Tanaman Jewawut

Budidaya Tanaman Jewawut – Tanaman Jewawut membutuhkan lingkungan tumbuh yang optimal untuk menghasilkan produksi yang lebih tinggi. Namun jika kondisi lingkungan yang optimal untuk...
Jaka Winarno
4 min read

Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
Jaka Winarno
1 min read

Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
Jaka Winarno
2 min read