Lingkungan Usaha Budidaya Lele

1 min read

Lingkungan Usaha Budidaya Lele – Lingkungan usaha merupakan segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas usaha suatu lembaga atau organisasi. Lingkungan yang dapat mempengaruhi aktivitas usaha tidak hanya berasal dari dalam (internal) lembaga atau organisasi, melainkan juga berasal dari luar (eksternal). 

Lingkungan usaha merupakan segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas usaha suatu lembaga Lingkungan Usaha Budidaya Lele

Oleh karena itu, dalam memahami faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap usaha di klasifikasi kan menjadi dua macam, yaitu: faktor internal dan faktor eksternal (Dedi 2014). Aspek lingkungan internal yang di analisis pada usaha budidaya lele umumnya berkaitan dengan aspek manajemen, aspek pemasaran, aspek keuangan dan aspek operasional. 
Aspek lingkungan eksternal yang dianalisis meliputi aspek ekonomi, aspek politik, aspek sosial budaya, aspek teknologi dan aspek persaingan (Anshari 2011).  Aspek produksi pada budidaya lele mencakup pemilihan benih dan pemeliharaan ikan berupa pemberian pakan dan obat-obatan (Anshari 2011).

Kemampuan pembudidaya lele dalam melakukan proses produksi saat ini sudah cukup baik, karena adanya dukungan dari pemerintah setempat melalui pembinaan terkait teknik budidaya yang sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure).
Selanjutnya, aspek pemasaran meliputi produk, pemilihan lokasi, penetapan harga, dan promosi. Diversifikasi produk olahan lele belum banyak dilakukan di Indonesia. Pengolahan ikan lele menjadi fillet bisa dibuat untuk tujuan ekspor dengan harga jual yang lebih baik, daripada hanya menjual lele hidup yang hanya dihargai sangat rendah.
Pemilihan lokasi usaha budidaya lele juga relatif berada dekat dengan sumber input produksinya yaitu para petani, serta berdekatan dengan pasar nya yaitu pusat kota. Aspek lain yang mempengaruhi usaha budidaya lele adalah keuangan. Sebagian besar para pembudidaya ikan lele membangun usaha dengan menggunakan modal sendiri atau kelompok yang terbatas.

Perkembangan modal usaha akan terus berjalan sesuai dengan pertumbuhan usahanya. Keseluruhan modal usaha didapat dari kemampuan usaha tersebut menghasilkan laba untuk keberlanjutan usaha. Perkembangan usaha perikanan khususnya ikan lele skala kecil bergantung pada hasil usaha, sedangkan hasil usaha sendiri bergantung pada kondisi cuaca dan iklim, serta faktor lain seperti harga bahan baku yang terus meningkat (Wibowo 2011). 

Aspek manajemen merupakan faktor penting lainnya bagi sebuah organisasi usaha. Kinerja suatu organisasi usaha sangat bergantung pada kualitas pengelolaan, baik usahanya maupun sumberdaya manusianya.
Pengelolaan usaha dibutuhkan untuk mengukur kinerja serta memberikan gambaran terhadap kemampuan riil organisasi usaha dalam mencapai tujuan usaha, sehingga informasi tersebut dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.
Selain itu, pengelolaan sumberdaya manusia juga diperlukan untuk mendukung pengembangan usaha karena sebagian besar pembudidaya memiliki pendidikan rata-rata lulusan SD dan SMP (Pinem 2011). 

Kebutuhan pasar terhadap lele ukuran konsumsi yang cukup tinggi merupakan faktor peluang yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku budidaya lele, khususnya di bidang pembenihan. Permintaan terhadap ikan lele ukuran konsumsi ini sebagian besar berasal dari pengusaha restoran, pengolah dan sejumlah pasar tradisional di daerah Perkotaan.

Sumber :

Anshari HZ. 2011. Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Lele (Clarias sp) CV Jumbo Bintang Lestari di Gunung Sindur Kabupaten Bogor. Skripsi. Bogor : Institut Pertanian Bogor.
Dedi AK. 2014. Prospek Kelayakan dan Strategi Pengembangan Pembenihan Ikan Lele di Desa Babakan, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor. Bogor : Institut Pertanian Bogor
Pinem RFF. 2011. Formulasi Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Benih Ikan Lele Sangkuriang (Clarias sp) di Cahaya Kita Gadog Bogor, Jawa Barat. Skripsi. Bogor : Institut Pertanian Bogor
Salman Fajri. 2016. Strategi Pengembangan Usaha Benih Lele Di Kelompok Pembudidayaan Ikan Jumbo Lestari Ciseeng Bogor. Skripsi. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Bogor
Wibowo AE. 2011. Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Lele Sangkuriang (Kasus UKM Budidaya Lele) di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Bogor : Institut Pertanian Bogor

Kelembagaan Mekanisasi Pertanian Sebagai Bagian Dari Sistem Inovasi Mekanisasi…

Inovasi Mekanisasi Pertanian – Lembaga-lembaga yang berkaitan dengan mekanisasi pertanian serta  upaya pengembangan mekanisasi pertanian tidak terlepas dari dukungan kelembagaan karena lembaga-lembaga inilah yang...
Jaka Winarno
2 min read

Pemenuhan Protein Pada Konsumsi Ikan, Terutama Ikan Akuakultur Yang…

Pemenuhan Protein Pada Konsumsi Ikan, Terutama Ikan Akuakultur Yang Terkontrol – Di negara maju, di mana pendapatan umumnya tinggi dan kebutuhan makanan pokok telah...
Jaka Winarno
47 sec read

Bisnis Usaha Pertanian yang Menguntungkan

Bisnis Usaha Pertanian – Memulai bisnis usaha pertanian yang menguntungkan saat ini bisa di jalankan dengan modal kecil, sedang hingga besar. Kalian bisa kondisikan...
Jaka Winarno
1 min read