Manajemen Pakan Dalam Peternakan Kelinci

1 min read

Pakan Kelinci – Manajemen pakan kelinci yang baik sangat penting untuk memulai usaha di bidang pertanian kelinci. Setelah membangun kandang untuk peternakan kelinci dan membeli peralatan, hal yang penting untuk menentukan keberhasilan dalam peternakan kelinci adalah manajemen pakan dan bagaimana mengatur biaya karena pakan kelinci membutuhkan sekitar 75% dari total biaya produksi.

 Manajemen pakan kelinci yang baik sangat penting untuk memulai usaha di bidang pertanian Manajemen Pakan Dalam Peternakan Kelinci

Kelinci pada umumnya adalah hewan herbivora yang mengkonsumsi berbagai jenis tanaman, daun, sayuran, dll dan bahkan kelinci dapat mengkonsumsi hijauan yang tidak dimakan orang. Dalam melakukan usaha yang bergerak dibidang peternakan kelinci juga dapat menguntungkan karena bisa dijadikan bisnis dalam bentuk konsumsi dagingnya dan juga untuk sebagai peliharaan.

Untuk melakukan usaha bidang peternakan kelinci umumnya, kalian bisa memberi makan kelinci apa pun dari kebun dan dapur. Mereka suka makan kulit, batang jagung, pepaya, gulma, pisang, jagung nanas, daun, tanaman merambat dari kacang-kacangan, wortel, selada, kembang kol, kubis, dll. 
Jenis pakan ini memang sangat mudah di dapatkan, akan tetapi dalam pemberian makanan kelinci kalian juga harus mengetahui pakan untuk memenuhi permintaan nutrisi kelinci. Jadi, kalian bisa memberikan biji-bijian sebagai pakan mereka. 

Pakan kelinci yang ideal harus mengandung 12-18% protein kasar, 7% mineral, 14% serat dan 2700 kilo kalori/kg energi metabolisme. Jika kalian memberi makan kelinci setidaknya 8% pakan yang mengandung serat kasar, maka pemberian yang mengandung serat tambahan tidak diperlukan. 
Kalian juga bisa memberikan berbagai jenis pakan pelet untuk kelinci berumur tua tersedia di pasaran. Jenis pelet ini memenuhi semua kebutuhan nutrisi kelinci dan sangat berguna serta efektif untuk produksi kelinci sangat baik.

Kebiasaan makan dan tingkat konsumsi tergantung pada usia dan ras. Rata-rata kelinci dewasa mengkonsumsi sekitar 100 gram pakan setiap hari. Seekor betina hamil mengkonsumsi sekitar 160 gram dan menyusui 350 gram pakan. Bahan pakan yang ideal untuk campuran dalam ternak kelinci yaitu rumput hijau dan campuran konsentrat.

Mungkin itulah sedikit informasi tentang bagaimana manajemen pakan dalam peternakan kelinci, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Budidaya Tanaman Jewawut

Budidaya Tanaman Jewawut – Tanaman Jewawut membutuhkan lingkungan tumbuh yang optimal untuk menghasilkan produksi yang lebih tinggi. Namun jika kondisi lingkungan yang optimal untuk...
Jaka Winarno
4 min read

Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
Jaka Winarno
1 min read

Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
Jaka Winarno
2 min read