Manfaat Sereh Dan Cengkeh Sebagai Anti Nyamuk

1 min read

Manfaat Sereh Dan Cengkeh Sebagai Anti Nyamuk – Nyamuk merupakan salah satu vektor penyakit pada manusia. Sebagian nyamuk mampu menyebarkan virus yang dapat menyebabkan  penyakit pada manusia seperti malaria, penyakit filariasis, dan penyakit bawaan virus seperti demam kuning, demam berdarah dengue, dan virus Nil Barat.

Manfaat Sereh Dan Cengkeh Sebagai Anti Nyamuk Manfaat Sereh Dan Cengkeh Sebagai Anti Nyamuk

Beberapa nyamuk termasuk jenis antropofilik (lebih menyukai darah manusia) dan zoofilik (hanya menyerang hewan).

Tindakan preventif paling dini yang dapat dilakukan oleh setiap individu dalam pengendalian vektor adalah dengan melakukan proteksi diri terhadap gigitan nyamuk dengan menggunakan repelan.

Repelan yang banyak beredar di masyarakat sebagian besar mengandung bahan kimia dari golongan organofosfat. Organofosfat merupakan senyawa pestisida yang paling toksik dan sering menyebabkan keracunan pada manusia.

Adapun beberapa bahan senyawa dari golongan organofosfat yaitu Dichiorovynil dirnethyl phosfat (DDVP), Propoxur (Karbamat) dan Diethyltoluamide yang merupakan jenis insektisida pembunuh serangga namun dapat memberikan efek toksik, karsinogen dan juga menimbulkan rasa pusing pada masyarakat.

Indonesia merupakan salah satu pasar potensial yang  memasarkan produk racun pembunuh nyamuk. Berbagai produk obat antinyamuk telah beredar dipasaran seperti semprot, elektrik, bakar, maupun lotion.sehingga industri obat nyamuk di Indonesia berkembang pesat.

Hal ini karena minimnya pengetahuan masyarakat terhadap bahan kimia beracun yang terkandung dalam produk antinyamuk.

Peredaran obat nyamuk saat ini hanya mewujudkan kemampuan dalam membunuh serta mengusir nyamuk dan serangga lainnya tanpa mengemukakan resiko yang dihasilkan dari pengguna produk racun-racun yang terkandung di dalamnya yang sangat berbahaya bagi manusia, lingkungan sekitarnya dalam jangka panjang.

Sereh dan cengkeh merupakan salah satu rempah-rempah di Indonesia yang sering digunakan sebagai bahan masakan bagi ibu rumah tangga.

Selain  dijadikan bahan masakan juga memiliki banyak khasiat pada pengobatan penyakit, salah satunya yaitu sebagai insektisida karena kemampuan dari toksisitasnya yang menurunkan penetasan telur pada nyamuk.

Menurut hasil penelitian sebelumnya bahwa sereh wangi (Cymbopogon nardus) merupakan salah satu tanaman obat yang multi khasiat, salah satu khasiatnya di bidang kesehatan sebagai zat anti nyamuk.

Minyak serai wangi mengandung komponen sitronelal 32-45% ; geraniol 12–18%; sitronelol 11-15% ; geranil asetat 3–8% ; sitronelil asetat 2–4% ; limonen 2-4 %; kadinen 2-4% dan selebihnya (2–36%) adalah sitral, kavikol, eugenol, elemol, kadinol, vanilin, kamfen, α-pinen, linalool, β-kariofilen. Kandungan sitronelal ini yang dapat digunakan sebagai zat anti nyamuk (M.Yulvianti, Rosianah Meida Sari, dkk:2014).

Tanaman cengkeh memiliki fungsi yang dapat digunakan sebagai insektisida alternatif untuk membunuhvektor malaria. Minyak atsiri daun cengkeh mengandung eugenol.

Eugenol pada minyak atsiri serai wangi telah diteliti dapat membunuhlarva Anopheles aconitus dengan LC50 pada konsentasi 0, 0097104 %. Sehingga minyak atsiri daun cengkeh memiliki kemungkinandapat membunuh larva Anopheles aconitus (Kardinan, 2003).

Bunga cengkeh yang sudah kering dapat digunakan sebagai obat kolera dan menambah denyut jantung. Minyak cengkeh sering digunakan sebagai pengharum mulut, mengobati bisul, sakit gigi, memperkuat lendir usus dan lambung serta menambah jumlah sel darah putih

Sumber :

M. Yulvianti, Rosianah Meida Sari, dkk.2014.Jurnal Integrasi Proses Pengaruh  Perbandingan Campuran Pelarut N-Heksana- Etanol Terhadap Kandungan Sitronelal Hasil Ekstraksi Serai Wangi (Cymbopogon nardus). Volume 15(1).8-14.

Kardinan, A. 2003. Tanaman Pengusir dan Pembasmi Nyamuk. Jakarta: Agro Media Pustaka, pp: 2-5, 22-23, 28-29.

Penulis : Hartati, S.Farm & Muh. Irwan, S.Pt., M.Si

Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
Jaka Winarno
1 min read

Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
Jaka Winarno
2 min read

Lingkungan Usaha Budidaya Lele

Lingkungan Usaha Budidaya Lele – Lingkungan usaha merupakan segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas usaha suatu lembaga atau organisasi. Lingkungan yang dapat mempengaruhi aktivitas usaha...
Jaka Winarno
1 min read