Menanam Tanaman Memakai Media Tanam Hidrogel

1 min read

Media Tanam Hidrogel – Seiring perkembangan dalam melakukan budidaya, sekarang ini banyak yang melakukan cara budidaya tidak hanya dengan media tanam tanah, kalian bisa menanam tanaman dengan metode hidroponik, aeroponik, serta aquaponik, salah satu cara menanam yang tanaman yang kalian juga bisa gunakan dan kalian bisa coba yaitu media tanam hidrogel.

 Seiring perkembangan dalam melakukan budidaya Menanam Tanaman Memakai Media Tanam Hidrogel
Media tanam dengan menggunakan hidrogel diketahui dengan istilah water beads. Tetapi, sesungguhnya bola gel itu dibuat dari kristal polimer. Tiap butir hidrogel memiliki nutrisi yang diperlukan tanaman. Hidrogel mempunyai keahlian meresap serta menyimpan air beserta nutrisinya. Dengan begitu, kalian tidak butuh sering-sering menyiram tanaman dengan menggunakan media hidrogel ini karena tanaman telah memperoleh nutrisi dari dalam hidrogel.

 Seiring perkembangan dalam melakukan budidaya Menanam Tanaman Memakai Media Tanam Hidrogel
Sumber : sumutinvest.com

Pada umumnya, tanaman yang ditanam dengan media hidrogel merupakan tanaman yang berada dalam ruangan karena tanaman yang ditanam dengan media hidrogel umumnya merupakan tanaman yang tidak memerlukan banyak sinar matahari, tidak berkayu, serta tahan dengan kelembapan tinggi. 
Untuk tanaman yang bisa menggunakan media hidrogel bisa kalian lakukan dengan tanaman seperti tumbuhan hias bambu Cina mini, tumbuhan andong, philodendron, serta sayuran selada ataupun bayam. Tanaman dengan menggunakan media hidrogel umumnya terlihat semakin menawan dan indah dilihat bila ditaruh dalam vas yang bening, terlebih bila hidrogel yang digunakan merupakan hidrogel berwarna.

Apalagi dengan menanam dengan menggunakan media hidrogel dapat tahan lama hingga dua tahun lamanya, setelah itu hidrogel yang sudah lama atau sudah sekitar dua tahun keatas akan hancur, akan tetapi ketika hidrogel hancur kalian dapat digunakan sebagai pupuk.

Agar hidrogel tetap awet, kalian perlu melindungi hidrogel supaya tidak terserang dari cahaya matahari serta melindungi kelembapan temperatur ruangan tempat meletakkan tanaman. Ini akan membantu mencegah jamur serta lumut yang dapat mengganggu hidrogel.

Itulah informasi tentang bagaimana menanam tanaman menggunkan media hidrogel, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
Jaka Winarno
1 min read

Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
Jaka Winarno
2 min read

Lingkungan Usaha Budidaya Lele

Lingkungan Usaha Budidaya Lele – Lingkungan usaha merupakan segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas usaha suatu lembaga atau organisasi. Lingkungan yang dapat mempengaruhi aktivitas usaha...
Jaka Winarno
1 min read