Peralatan dan Perlengkapan Kandang Untuk Menunjang Kelancaran Usaha Ternak Domba

1 min read

Peralatan dan Perlengkapan Kandang Domba – Peralatan merupakan sarana yang menunjang kelancaran usaha ternak secara teknis, sedangkan perlengkapan kandang menunjang kelancaran usaha ternak secara non teknis.

Peralatan dan Perlengkapan Kandang Domba Peralatan dan Perlengkapan Kandang Untuk Menunjang Kelancaran Usaha Ternak Domba

1. Peralatan Kandang

Peralatan kandang yang penting adalah tempat pakan dan tempat minum. Berikut penjelasan peralatan kandang domba yaitu tempat pakan dan tempat minum.

Tempat Pakan

Tempat pakan untuk kandang kolong dapat dibuat menempel pada dinding sisi depan. Contoh ukuran tempat pakan yang sering digunakan oleh peternak adalah sebagai berikut,

  • Bagian bawah (dasar) berukuran lebar 25 cm.
  • Bagian atas lebar permukaan 35-40 cm
  • Tinggi rak sekitar 50 cm
  • Jarak dari lantai setinggi 25 cm

Bahan tempat pakan dapat dibuat dari bambu atau papan dengan bagian bawah dibuat rata. Dengan demikian, tidak akan banyak makanan yang tercecer sehingga menjadi boros. Penempatan tempat pakan harus terhindar dari panas matahari atau pun air hujan.

Tempat pakan untuk kandang yang lantainya tanpa kolong perlu dibuat dalam bentuk tersendiri berupa rak yang bisa ditempatkan di dalam ruang kandang. Konstruksi tempat pakan di kandang akan menjamin makanan berupa rumput tak akan mudah terinjak-injak. Makanan yang telah terinjak-injak tak akan dimakan dan bisa menyebabkan pemborosan.

Tempat Air Minum

Walaupun ternak domba termasuk salah satu hewan ternak yang tahan tidak minum, tetapi alangkah baiknya kalau minum disediakan sepanjang hari. Tempat air minum bisa disediakan pada ember plastik atau tempat lain yang ditaruh diluar kandang atau menempel pada dinding kandang.

Dengan demikian, apabila domba hendak minum, dapat dengan mudah mengeluarkan kepalanya dari dalam kandang dan tidak membasahi ruang kandang. Hal semacam ini akan mempermudah proses pemeliharaan.

2. Perlengkapan Kandang Domba

Selain peralatan, diperlukan pula perlengkapan kandang yang tujuannya untuk memudahkan peternak dalam melakukan proses pemeliharaan.

Tangga

Alat perlengkapan yang sekiranya diperlukan adalah tangga untuk kandang kolong. Tangga ini diperlukan agar tak menyulitkan para petugas atau pun domba keluar masuk kandang.

Bak Penampung Kotoran di Bawah Kolong

Bak penampungan kotoran dibuat dengan ukuran yang agak dalam, kurang lebih 50 cm dan lebar disesuaikan dengan lebar lantai kandang.

Sumber :

Sudarmono, A.S & Bambang Sugeng, Y. (2011). Beternak Domba. Penebar Swadaya : Bogor.

Budidaya Tanaman Jewawut

Budidaya Tanaman Jewawut – Tanaman Jewawut membutuhkan lingkungan tumbuh yang optimal untuk menghasilkan produksi yang lebih tinggi. Namun jika kondisi lingkungan yang optimal untuk...
Jaka Winarno
4 min read

Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
Jaka Winarno
1 min read

Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
Jaka Winarno
2 min read