Sarana Produksi Dalam Budidaya Ikan

2 min read

Sarana Produksi Budidaya Ikan – Budidaya ikan merupakan salah satu bisnis yang memiliki potensi cukup menjanjikan untuk kalian lakukan karena kebutuhan akan konsumsi ikan bagi masyarakat sangat tinggi apalagi ikan memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk kesehatan.

 Budidaya ikan merupakan salah satu bisnis yang memiliki potensi cukup menjanjikan untuk k Sarana Produksi Dalam Budidaya Ikan

Dalam melakukan budidaya ikan faktor yang terpenting untuk menunjang keberhasilan adalah dengan di dukung sarana produksi yang memadai karena sebelum memulai budidaya perlu mengetahui sarana produksi apa yang dibutuhkan.

Saran produksi yang baik akan menentukan keberhasilan budidaya yang dijalankan, untuk itu kami akan memberikan informasi tentang sarana produksi dalam budidaya ikan.

Benih

Benih ikan yang unggul diperoleh dari induk yang unggul. Benih untuk pembesaran ikan beragam ukurannya tergantung jenis ikan yang akan dibudidayakan seperti jika kalian ingin membudidayakan ikan jenis air tawar yaitu benih gurami yang diperlukan ukuran minimal 100 gram, ikan mas 5-8 cm, nila 8-12 cm, dan lele 5-8 cm. Untuk menunjang benih yang sehat memiliki kalian harus mempunyai ciri-ciri bergerak aktif, tidak cacat dan gugus kulitnya.

Pakan

Dalam budidaya ikan pakan sangat berperan penting dalam untuk menunjang keberhasilan pertumbuhan ikan karena dengan manajemen pakan yang baik, pertumbuhan ikan dapat mencapai ukuran sesuai target yang ditentukan. Untuk jenis pakan yang bisa digunakan dalam budidaya ikan adalah pakan alami dan buatan.

Pakan alami berasal dari lingkungan disekitar perairan seperti fitoplankton, zooplankton dan bentos sedangkan pakan buatan umumnya dalam bentuk pelet yang dibuat dari berbagai campuran macam bahan baku dengan memperhatikan kandungan gizi, sifat dan ukuran ikan mengkonsumsi pakan tersebut.

Pupuk

Pupuk diperlukan untuk untuk pemupukan tanah dasar kolam yang bertujuan untuk meningkatkan kesuburan kolam, memperbaiki struktur tanah dan menumbuhkan fitoplankton serta zooplankton sebagai pakan alami.

Jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang dan buatan, untuk pupuk kandang kalian bisa gunakan pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang sudah dikeringkan sedangkan pupuk buatan berupa bahan-bahan kimia yang dibuat manusia dipabrik yang berguna untuk menyuburkan tanah perairan. Jenis pupuk buatan yang dapat digunakan adalah urea, ZA, TSP, KCL dan NPK.

Air

Air juga mempunyai peranan penting dalam budidaya ikan karena air digunakan sebagai media budidaya, untuk kualitas air dalam budidaya ikan kalian harus mempunyai persyaratan tertentu agar ikan dapat tumbuh dengan baik.

Air yang dapat memenuhi kriteria yang baik untuk pertumbuhan dalam budidaya hewan dan tumbuhan tingkat rendah yaitu adanya plankton sebagai indikator paling mudah bahwa air tersebut bisa digunakan untuk budidaya ikan.

Untuk kualitas air kalian dapat ukur dari pH, suhu, salinitas, dan kecerahan, kisaran pH 6-8, suhu 25-32, salinitas 0-5 ppt air tawar, 6-29 ppt air payau dan 30-35ppt air laut, kecerahan terlihat dari jumlah cahaya matahari yang dapat menembus badan air.

Kapur

Dalam budidaya ikan kalian juga harus mempersiapkan kapur untuk digunakan dalam mempertahankan kestabilan keasaman pH tanah dan air sekaligus memberantas hama penyakit. Jenis kapur yang digunakan bermacam-macam diantaranya kapur pertanian (kalsit dan dolomite) serta kapur aktif.

Obat-Obatan

Kegiatan budidaya kadang mengalami kendala, salah satunya kendala penting adalah serangan hama dan penyakit yang bisa menggangu proses pertumbuhan dan perkembangan budidaya. Obat-obatan dapat diberikan untuk pencegahan dan penanggulangan hama dan penyakit.

Untuk jenis obat yang diguanakan dalam budidaya ikan kalian bisa memberikan obat jenis alami dan buatan, dimana obat alami berasal dari ekstrak tumbuhan ( tembakau, akar tuba, kipait, dan daun papaya) sedangkan obat buatan berasal dari zat kimia yang harus larut dalam air, tidak mempunyai pengaruh besar terhadap kualitas air kolam. Artinya bahan kimia tersebut hanya mematikan sumber penyakit, bukan ikan serta mudah terurai.

Itulah informasi tentang sarana produksi untuk menunjang keberhasilan dalam budidaya ikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
Jaka Winarno
1 min read

Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
Jaka Winarno
2 min read

Lingkungan Usaha Budidaya Lele

Lingkungan Usaha Budidaya Lele – Lingkungan usaha merupakan segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas usaha suatu lembaga atau organisasi. Lingkungan yang dapat mempengaruhi aktivitas usaha...
Jaka Winarno
1 min read