Strategi Pemasaran Susu: Menciptakan Olahan Susu yang Disukai Konsumen

1 min read

Strategi Pemasaran Susu – Pada umumnya peningkatan konsumsi susu di Indonesia semakin meningkat, tetapi bisa dikatakan konsumsi susu perkapita di Indonesia masih dapat dikatakan rendah dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam, atau Thailand. 

 Pada umumnya peningkatan konsumsi susu di Indonesia semakin meningkat Strategi Pemasaran Susu: Menciptakan Olahan Susu yang Disukai Konsumen

Hal ini antara lain karena produk tersebut relatip tidak mudah untuk mendapatkannya, selain jumlahnya yang terbatas, juga kontinuitas ketersediaannya kurang terjamin.  Hal ini terbukti pemerintah masih melakukan import bahan pembuat susu, walaupun beberapa daerah di Indonesia sudah melakukan pasokan kebutuhan susu, namun kondisi ini belum mampu memenuhi kebutuhan konsumen susu dalam negeri. 
Karena bisa dikatakan kualitas air susu di Indonesia masih memiliki kualitas relatif rendah, yang menyebabkan kualitas air susu di Indonesia relatif rendah yaitu penanganan pada saat proses pemerahan tidak dilakukan secara hygiene, keadaan ini semakin memperburuk kualitas air susu. Untuk meningkatkan pendapatan sekaligus kesejahteraan peternak susu dalam negeri dapat dilakukan dengan jalan memperbaiki faktor dalam dan faktor luar.

Guna meningkatkan penjualan susu ternak produksi dalam negeri salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan perbaikan faktor-faktor di dalam peternak itu sendiri dan faktor-faktor di luar peternak.

Dalam tulisan ini akan diuraikan faktor-faktor dalam dan luar yang dapat meningkatkan penjualan susu ternak dalam negeri. Faktor-faktor yang termasuk dalam tatanan susu ternak dalam negeri yang dapat diperbaiki supaya penjualan dapat meningkat adalah sebagai berikut;

Kualitas Susu 

Kualitas susu yang dihasilkan peternak harus dipertahankan kualitasnya jangan sampai ada upaya untuk mendapatkan jumlah liter yang banyak tetapi dilakukan dengan mencampur susu dengan bahan lain misalnya santan kelapa, air murni, air tajin beras dll.

Susu yang berasal dari ternak sendiri di dalam kandungannya sudah terdapat campuran air yang memang berasal dari dalam ternak itu sendiri, selain itu terdapat unsur-unsur vitamin, kalsium dll zat/unsur yang berguna bagi pertumbuhan manusia. 
Jika dicampur dengan sejenis air dengan tujuan untuk mendapatkan jumlah liter yang banyak, tetapi dari segi kualitas dan unsur-unsur zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh manusia akan berkurang.

Peternak susu harus menyadari bahwa kualitas susu yang dihasilkan untuk dipasarkan benar-benar murni susu asli yang dari ternaknya.  Sebab jika dilakukan pencampuran susu ternak asli dengan bahan lain seperti tersebut di atas, maka selanjutnya pembeli/konsumen akan enggan membeli susu yang berasal dari sumber utama tadi. 

Memang pada tahap awal konsumen mungkin bisa diyakinkan bahwa itu susu ternak murni, tetapi lama kelamaan konsumen akan mengetahui bahwa susu tersebut tidak murni karena dapat dirasa dari kesegarannya bahkan dari warna dan ketahanan susu ternak tersebut. 

Kebersihan

Peternak susu sapi harus melakukan langkah-langkah yang bersih/mencegah kuman dll mulai dari memeras susu sapi, pengolahan, pengemasan dll. Sehingga susu yang akan dijual benar-benar bersih dari kuman dan penyakit. Karena kebersihan susu ternak dari sumber penyakit dan kuman sangat diperlukan antisipasinya, bila susu tidak bersih maka susu ternak sapi tersebut akan mudah tertular penyakit.

Kelembagaan Mekanisasi Pertanian Sebagai Bagian Dari Sistem Inovasi Mekanisasi…

Inovasi Mekanisasi Pertanian – Lembaga-lembaga yang berkaitan dengan mekanisasi pertanian serta  upaya pengembangan mekanisasi pertanian tidak terlepas dari dukungan kelembagaan karena lembaga-lembaga inilah yang...
Jaka Winarno
2 min read

Pemenuhan Protein Pada Konsumsi Ikan, Terutama Ikan Akuakultur Yang…

Pemenuhan Protein Pada Konsumsi Ikan, Terutama Ikan Akuakultur Yang Terkontrol – Di negara maju, di mana pendapatan umumnya tinggi dan kebutuhan makanan pokok telah...
Jaka Winarno
47 sec read

Bisnis Usaha Pertanian yang Menguntungkan

Bisnis Usaha Pertanian – Memulai bisnis usaha pertanian yang menguntungkan saat ini bisa di jalankan dengan modal kecil, sedang hingga besar. Kalian bisa kondisikan...
Jaka Winarno
1 min read