Tahapan Dalam Usahatani Selada Organik Untuk Meningkatkan Harga

1 min read

Usahatani Selada Organik – Kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat menjadikan permintaan produk pertanian organik semakin meningkat. Salah satu produk pertanian organik yang paling banyak permintaannya adalah sayuran. Hal ini karena sayuran merupakan salah satu kebutuhan mendasar setelah penghasil karbohidrat seperti beras ataupun gandum. 

 Kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat menjadikan permintaan produk pertan Tahapan Dalam Usahatani Selada Organik Untuk Meningkatkan Harga

Pada umumnya sayuran selada memiliki prospek bisnis yang menguntungkan karena memiliki banyak peminat untuk dijadikan beraneka macam olahan masakan. Dalam budidaya selada organik kalian bisa menciptakan sayuran yang higienis untuk kesehatan manusia dan bisa menyediakan selada dalam jumlah yang dibutuhkan konsumen. Nah, berikut inikami akan memberikan informasi tentang tahapan dalam budidaya selada organik yang bisa meningkatkan kualitas dan harga yang tinggi.

Persiapan Lahan 

Untuk persiapan lahan, sebelumnya kalian lahan untuk penanaman budidaya selada organik tersebut perlu dibersihkan. Dalam hal ini, persiapan lahan kalian bisa mengolah lahan terlebih dahulu dan bisa juga dalam pembuatan rak sebagai tempat polibag. Media tanam polibag terdiri dari campuran tanah dan pupuk. Media tanam juga dapat berupa campuran dari jerami dan media bekas jamur. 
Sebelum melakukan penanaman terlebih dahulu media tanam kalian biarkan selama tiga hari sampai satu bulan untuk ditanami bibit selada organik tergantung dari kematangan pupuk yang digunakan. Jika perlu kalian bisa membuat greenhouse yang terdiri dari bambu dan plastik sebagai tempat untuk membudidayakan selada organik. 

Pesemaian

Media tanam semai dapat berupa pasir, tanah bekas polibag yang telah dikeringkan, dan pupuk. Nah, setelah media semai sudah ada kalian tinggal menyebar benih secukupnya, kemudian disiram dan ditutup selama dua sampai tiga hari agar benih cepat berkecambah. 
Penyiraman dilakukan selama dua sampai tiga hari sekali, jangan terlalu sering. Apabila terlalu sering disiram, benih tergenang air dan tidak tumbuh. Untuk persemaian benih kalian bisa menunggu selama selama 7-20 hari tergantung daya kecambah benih yang disemai. Benih yang telah berdaun dua sampai empat helai bisa dipindahkan ke polibag. 

Penanaman 

Untuk penanaman benih yang sudah ada kecambahnya kemudian dipindahkan ke polybag yang sudah disiapkan. Benih yang dipindahkan kedalam polybag kalian diamkan terlebih dahulu untuk penyesuaian terhadap lingkungan selama tiga hari. 
Apabila telah melewati tiga hari, tanaman ditaruh di atas rak selama 25 sampai 40 hari. Penyiraman dilakukan satu sampai dua kali sehari, apabila saat umur benih sudah lebih dari dua minggu dilakukan sebanyak dua kali secara teratur. Jarak tanam yang digunakan yaitu 10-20 cm, karena dengan jarak tanam tersebut pertumbuhan tanaman menjadi bagus. 

Pemeliharaan 

Hama yang selalu ditemui petani yaitu ulat daun, belalang, dan nyamuk kecil bila keadaan teduh atau lembab. Hama dapat dihilangkan secara mekanik, yaitu dibuang atau dihilangkan. Penyakit yang sering menyerang tanaman selada yaitu bercak hitam daun dan cacar daun. Pemeliharaan dilakukan mulai dari pesemaian hingga panen.

Panen 

Untuk pemanenan tanaman selada bisa dilakukan selama maksimal 40 hari setelah tanam. Untuk pemanenan kalian bisa melakukan secara bergantian. Untuk cara panen kalian perlu melakukan dengan cara memotong menggunakan gunting atau pisau bagian bonggol batang sampai akarnya, untuk waktu panen kalian bisa melaukan pada pagi dan sore hari.

Kalian juga bisa mencabut langsung semua bagian termasuk akar. Setelah akar dicuci, daun-daun yang rusak dibuang. Kelompok kan selada berdasar ukuran dengan memilih yang besar dengan yang besar dan yang kecil dengan yang kecil.

Pemasaran 

Untuk melakukan pemasaran kalian bisa kerjasama dengan pihak supermarket atau toko yang menjual sayuran. Pemasaran tidak hanya di supermarket dalam kota bahkan hingga luar kota.

Itulah informasi tentang tahapan dalam usahatani selada organik untuk meningkatkan harga,  mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Kelembagaan Mekanisasi Pertanian Sebagai Bagian Dari Sistem Inovasi Mekanisasi…

Inovasi Mekanisasi Pertanian – Lembaga-lembaga yang berkaitan dengan mekanisasi pertanian serta  upaya pengembangan mekanisasi pertanian tidak terlepas dari dukungan kelembagaan karena lembaga-lembaga inilah yang...
Jaka Winarno
2 min read

Pemenuhan Protein Pada Konsumsi Ikan, Terutama Ikan Akuakultur Yang…

Pemenuhan Protein Pada Konsumsi Ikan, Terutama Ikan Akuakultur Yang Terkontrol – Di negara maju, di mana pendapatan umumnya tinggi dan kebutuhan makanan pokok telah...
Jaka Winarno
47 sec read

Bisnis Usaha Pertanian yang Menguntungkan

Bisnis Usaha Pertanian – Memulai bisnis usaha pertanian yang menguntungkan saat ini bisa di jalankan dengan modal kecil, sedang hingga besar. Kalian bisa kondisikan...
Jaka Winarno
1 min read