Teknik Budidaya Ikan Koi Agar Cepat Berkembang

1 min read

Teknik Budidaya Ikan Koi – Di Indonesia budidaya ikan koi mulai popular sejak tahun 1960, yakni ketika Presiden Soekarno diberi hadiah ikan koi oleh pemimpin Cina pada masa itu, yang kemudian ikan koi tersebut ia berikan kepada para budidaya ternak ikan koi beserta ikan-ikan lainnya yang terletak di Batu, Jawa Timur, untuk dikembangbiakan. Benih inilah yang sekaligus menjadi asal mula budidaya ternak ikan koi yang dilakukan oleh masyarakat lokal.

Di Indonesia budidaya ikan koi mulai popular sejak tahun Teknik Budidaya Ikan Koi Agar Cepat Berkembang

Meskipun kualitas ikan koi lokal masih dipandang sebelah mata, namun tak bisa dipungkiri bahwa budidaya ternak ikan koi itu sendiri terus berkembang secara signifikan dari tahun ke tahun. Bagi kamu yang ingin memulai bisnis, bisnis budidaya ternak ikan koi bisa dijadikan sebagai peluang yang cukup menjanjikan.

Pangsa pasar koi semakin besar seiring berjalannya waktu walaupun dahulu keberadaan ikan ini kurang diminati. Ikan koi impor semakin mahal harganya sehingga harga ikan koi lokal menjadi lebih bersaing.  Untuk berhasil dalam memelihara ikan koi maka harus memperhatikan teknik di dalam budidaya ikan koi berikut ini agar dapat berkembang lebih baik.

Selalu Jaga Kualitas Air

Ketika melakukan budidaya ternak ikan koi, jagalah kondisi kolam tetap bersih agar ikan koi yang kamu pelihara tetap sehat. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan suhu dan tingkat kekeruhan air. Jangan sampai air ikan koi menjadi keruh karena hal tersebut akan membuat ikan koi menjadi tidak sehat.

Walaupun sudah menggunakan filter pada kolam ikan koi, tidak menutup kemungkinan kolam menjadi keruh karena kotoran yang dikeluarkan oleh para ikan-ikan koi tersebut. Maka dari itu, untuk menjaga kualitas air di dalam kondisi yang baik, ada baiknya untuk mengganti air kolam sekitar 10% setidaknya seminggu sekali.

Jangan pernah mengganti air kolam secara keseluruhan karena ikan akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Adaptasi terhadap pergantian air kolam terkadang akan membuat ikan justru menjadi stress, sehingga akan lebih baik untuk tidak menguras air kolam seutuhnya. Selain itu, kondisi air juga bisa mempengaruhi warna koi hingga 20%. Perlu diingat bahwa warna ikan koi bisa mempengaruhi kualitas dan harga pasaran dari ikan tersebut.

Pembatasan Jumlah Ikan di dalam Kolam

Ikan koi membutuhkan ruang gerak yang cukup lega agar dapat tumbuh menjadi besar dengan cepat. Maka dari itu, jumlah ikan koi yang berlebihan justru dapat menghambat pertumbuhan ikan koi tersebut. Kamu harus memperhatikan jumlah ikan yang dimiliki dengan besaran kolam yang ada.

Perhatikan Kadar Keasaman Kolam Air

Kolam semen baru biasanya akan meninggalkan bau semen yang tidak bisa diterima oleh ikan koi, yang memungkinkan ikan koi tersebut justru menjadi mabuk. Maka dari itu, untuk menghilangkan bau semen dengan cepat, para budidaya ikan koi biasnaya akan menggunakan pelepah pisang, Selain itu kamu juga harus menjaga kadar keasaman air kolam pada level 6,5 hingga 8,5 agar ikan koi selalu dalam kondisi sehat.

Itulah informasi tentang teknik di dalam budidaya ikan koi berikut ini agar dapat berkembang lebih baik mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Sebenarnya bisnis budidaya ternak ikan koi lebih mudah dari yang kita bayangkan modalnya pun cenderung terjangkau. Selamat mencoba !

Penanganan Pasca Panen Tanaman Jewawut

Pasca Panen Tanaman Jewawut  – Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan didalam melakukan pasca panen jewawut antara lain adalah pengeringan, perontokan dan penyimpanan....
Jaka Winarno
1 min read

Produk Olahan dan Prospek Pengembangan Tanaman Jewawut

Produk Olahan dan Prospek Tanaman Jewawut – Tanaman jewawut (Setaria italica L.) merupakan tanaman tropis yang memiliki kekerabatan dengan Pennisetum. Tanaman jewawut merupakan rumput...
Jaka Winarno
2 min read

Lingkungan Usaha Budidaya Lele

Lingkungan Usaha Budidaya Lele – Lingkungan usaha merupakan segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas usaha suatu lembaga atau organisasi. Lingkungan yang dapat mempengaruhi aktivitas usaha...
Jaka Winarno
1 min read